Minggu, 20 Maret 2016

Prilaku Konsumtif Vs Produktif


KONSUMTIF VS PRODUKTIF


      Pengertian Konsumtif dan Produktif
Konsumtif sering diartikan sama dengan “konsumerisme”. Padahal untuk arti yang sebenarnya konsumtif adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan konsumen. Namun konsumtif biasanya digunakan untuk menunjukan prilaku konsumen yang memanfaatkan nilai uang lebih besar dari nilai produksinya untuk barang dan jasa yang bukan menjadi kebutuhan pokoknya. Konsumtivisme adalah pola-pola konsumsi yang bersifat foya-foya, pemborosan, kepuasan yang dapat ditunda menjadi kepuasan yang harus segera dipenuhi. Perilaku konsumtif menyebabkan seseorang selalu merasa tidak puas, tanpa peduli bagaimana cara mendapatkannya. Mengartikan komsumtivisme sebagai kehidupan mewah dan berlebihan, penggunaan pada segala hal yang dianggap paling mahal yang  memberikan kepuasan dan kenyamanan fisik yang sebesar-besarnya.
      Produktivitas  adalah  sikap  mental  dan  cara  pandang  manusia  untuk  membuat  hari  esok lebih  baik  dari  sekarang  dan  membuat  hari  ini  lebih  baik  dari  kemarin.  Dalam arti  yang sederhana dan  teknis,  pengertian  kedua  tentang produktivitas  adalah  rasio  antara  pengeluaran dan pemasukan yang terpakai. Produktivitas  secara  umum diartikan sebagai hubungan antara keluaran ( barang-barang atau jasa)  dengan masukan (tenaga  kerja,  bahan, uang).  Produktivitas  adalah ukuran efisiensi produktif.

          Prilaku Seseorang Yang Konsumtif dan Produktif
      Perilaku konsumtif dapat disimpulkan sebagai perilaku konsumen yang bertindak secara emosional tanpa didasarkan Perencanaan dan kebutuhan melainkan hanya karena suatu pemenuhan keinginan akan suatu produk yang dianggap menarik. Perilaku konsumtif tidak lagi didasarkan pada pertimbangan yang rasional dan dikendalikan oleh keinginan untuk memenuhi hasrat kesenangan duniawi. Kaum wanita cenderung untuk berperilaku konsumtif dibandingkan kaum pria. Perilaku konsumtif menyebabkan seseorang selalu merasa tidak puas, tanpa peduli bagaimana cara mendapatkannya. Prilaku konsumtif dapat di perjelas apabila seseorang yang memiliki penghasilan dan uang yang didapatkan diatas dari rata-rata sehingga mereka berfikir untuk menghabiskan sebagian dari penghasilannya untuk membeli barang barang yang terkadang tidak penting dan tidak diperlukannya dan membelinya tidak bukan berdasarkan dari keperluannya melaikan hanya dari hasrat dan keinginannya saja tanpa memikirkan fungsi dan kegunaan dari barang tersebut.
      Prilaku produktif adalah prilaku yang dilakukan seseorang dengan secara rasional dan dengan memikirkan hasil dan dampak yang dihasilkan dari tindakan yang dilakukan serta dilakukannya dengan beberapa prinsip yang dapat membuat hari esok jauh lebih baik dari hari kemarin. Prilaku produktif juga biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memilki pemikiran yang panjang untuk dapat menghasilkan hasil karya dan inofasi yang dapat di hasilkan sehingga dapat memberikan manfaat yang postif baik bagi dirinya maupun untuk orang sekitarnya, seseorang yang produktif cenderug memilki pemikiran untuk bagaimana mereka dapat menghasilkan hasil karya dari pada membeli hasil orang lain yang sebenarnya dapat di hasilkan dengan karya kita sendiri dengan hasil yang lebih memuaskan dari yang diproduksi oleh orang lain.
      Jadi sekarang kita sebagai seseorang yang memilki pemahaman dan pemikiran yang baik dapat menyimpulkan bagaimana efek yag dihasilkan dari prilaku konsumtif dan produktif, semua prilaku tersebut memilki nilai positif dan negative masing-masing dan memilki manfaatnya tersendiri, semuanya dapat memberikan manfaat yang baik apabila dipergunakan dengan rasional dan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan dari penggunaanya masing-masing. Tanpa harus memperebutkan mana yang baik dan lebih baik untuk digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar